Selasa, 02 Agustus 2011

Behind the Song - Hingga Akhir Waktu

You heard the music, now let me tell you the story behind it..

Gw akan mulai dari album gw yg kedua I'm Yours, track pertama... Hingga Akhir Waktu

Reaksi orang yg denger lagu ini adalah kaget, koq kenapa tiba2 gw punya lagu ballad ala ala Afgan gitu, ngikutin pasar ya? cape ya main jazz RnB?
Pertama menurut gw musik gw  adalah musik Pop, bukan jazz, tp mungkin dengan sedikit sentuhannya dan juga sentuhan RnB. Kedua, gw sampai sekarang alhamdulillah belom pernah berfikir untuk membuat lagu untuk "pasar". Gw musisi, seniman, bukan sales. Kerjaan jualan biar management gw aja, tugas gw berkarya, dan klo dalam pembuatannya sebuah karya dikontaminasi dengan kepentingan kapital, biasanya karya itu tidak akan bagus. Gw selalu percaya, karya yang baik adalah karya yang jujur.

Kenapa gw bikin Hingga Akhir Waktu? ballad, straight pop. 

Lo mungkin mengenal gw dengan BE MINE, lagu yg beatful. Kental influence RnB nya. Tapi pada suatu ketika, tiba2 gw rindu bgt dengan lagu2 pop Indonesia, yang nikmat dinyanyiin dengan lembut, gak perlu ngoyo, gak cengeng, tetep soulful dan notasi nya bikin lagu itu cantik. 

Ada satu lagu dinegeri ini yang mnurut gw sangat bagus, lagu itu dinyanyiin oleh Chrisye, ditulis oleh Yovie Widianto, judulnya Untukku. Itu lagu ya ampuuunnnnnn.... tewas gw dengernya. Khidmat, tenang, santai, tapi punya makna dalam dan notasi yang sangat sangat indah.

I got to have that kind of song.

Jadi gw mulai berkhayal, gw coba inget2 masa-masa dimana gw ngerasain hati yang berdebar-debar,  dan ketulusan terhadap cinta. 

Dan gw tiba2 inget klo masa itu ada, dikala kita sedang berharap, bertanya-tanya, berandai-andai terhadap cinta. Ya.. masa dimana lo bertanya, dia tau gak ya klo gw suka sama dia? Lo tau gak sih klo gw tu sesuka itu sama lo,sesayang itu, gw bisa sayang sama lo, sampai kapan pun gw gak tau...

Disitulah lahir.. Hingga Akhir Waktu..

Ceritanya simple, cuma tentang pertanyaan, akankah mungkin kau merasakan apa yang ada didalam hatiku.. the first line of the lyric actually explain the rest of the message.

Gw coba meng-explore, mbuat nadanya se-ekspresif mungkin. I just sing the lyric, and i listened what kind of notes that flew out of my mouth. Harus sejujur itu, gak boleh ada intervensi, dan pikiran nada ini catchy ato ngga.

Demo pertama HAW (Hingga Akhir Waktu) dibuat dg hanya direkam di blackberry, sambil gw main gitar, satu lagu penuh. Hasil itu gw bawa ke label dan mereka tertarik untuk ngembanginnya. Awalnya aransemen akan dikerjain oleh Rifka Rachman, MD gw di alb. Be M1ne. Tapi kemudian Pak Iin (Artist & Repertoire Director Aquarius Musikindo) nawarin kenapa ga Andi Rianto aja.

working with Andi Rianto.. am i dreaming? gw meng iya kan, and thats how i met the Indonesian music genius Andi Rianto. 

Kita workshop di apartment mas Andi dan menghasilkan 3 versi aransemen. Aransemen ketiga lah yg akhirnya berhasil klop, seperti sebagaimana temen2 udh denger. oh iya lupa.. mas Andi bikin aransement itu hanya dlm waktu setengah jam... sick!!!!  Take vocal dilakukan di Aquarius Studio, bgitu juga dengan mixingnya

Gitu deh.. di lagu ini I challenge myself, untuk keluar dari zona nyaman gw yaitu urban pop. I want to determine that I am a pop musician. Besides, Michael Jackson did it too (teteeeppp) on You are not Alone, I Just Cant Stop Loving You, and many more.

Tp ini bukan lo man... gak ada beat nya.. ah masa?? coba dengerin baik2 deh, HAW punya semua ciri gw, notasi tema di Intro, dan beat konstan ala RnB. Walaupun sound yg dipakai memang bukan seperti american pop masa kini, yg TR 808 dan teman2nya, tp tetep ada pattern konstan yg bunyi nya...
Dug tak dug dug tak.. dug tak dug dug tak.. sepanjang lagu. Cuma tema dan nuansa nya aja lebih halus. 

Intinya apa yang keluar itu lah yang ada dikepala gw, gak dibuat supaya bgini begitu. 

Jujur dan tulus hingga akhir waktu...


2 komentar:

  1. Nice, gw suka kak adit. Nusuk dan tulus! :__)

    BalasHapus
  2. Enak bos,
    nih lagu paling dahsyat menurut gw di album kedua loe,
    waktu pertama diposting di page fb juga gw udeh gemeter dangdut dengernya!
    apalagi pas bagian "hanya kutunggu kau, hanya kau"
    beuh.. *menyayat

    sempet gw bahas jg diblog gw
    http://ombink.wordpress.com/2010/10/15/hingga-akhir-waktu/

    tetep berkarya yg jujur mas adit
    keep a good work

    BalasHapus