Selasa, 09 Agustus 2011

Behind The Song - Juwita

Gw sebetulnya bukan seseorang yg senang nyanyiin lagu orang lain.

Kenapa, karena pada dasarnya gw adalah seorang penulis lagu, yg menyanyikan karya nya, singer-song writter, gw pengen dikenal akan karya gw, jadi kadang gw suka ngotot gak mau klo harus nyanyiin lagu orang sebagai materi album gw.

Tapi sepertinya gw ke "tulah" omongan gw sendiri.



Suatu hari datang ke kantor management gw sebuah demo cd, yg isinya materi lagu2 grup duo Soulmate, Ade dan Bowo, materinya gokil, dan didalemnya salah satu nya ada Juwita. Ya.. Juwita dengan aransemen baru. Di demo itu Juwita dinyanyiin oleh 4 orang, Bowo, Ade, Juniar Arief, dan Lucky (Idol Season 1). Gw iseng-iseng dengerin dan Juwita ini lumayan menarik perhatian gw, karena dibuat sangat dancy, tp koq liriknya tua bgt ya.. ini remake lagu siapa?!

Ternyata demo itu dibawa oleh Dorrie Kalmas, salah seorang song writter 80'an yg skrg sering memproduseri artist baru. Demo tersebut dibawa dengan maksud dan harapan bahwa kantor management gw bisa membuah kan sesuatu terhadap demo itu.

Setelah ditelusuri, rupanya mas Dorrie belum mengantongi izin license penggunaan lagu tersebut, sehingga lagu itu tak jelas nasibnya. Sebagai pembubuh aja di demo tersebut. Disini nyeletuk deh Produser gw, Pak Iman Sastrosatomo, gimana klo aransemen lagu itu dinyanyiin gw aja, dan atas penjelasan beliau baru lah gw tau klo Juwita aslinya di tulis dan dinyanyikan oleh alm. Chrisye.

Baru deh gw kaget, lho itu lagu Chrisye?! Gw langsung nyari versi asli nya, dan ternyata bener, versi baru ini berubah rombak total dari versi asli nya. Asli nya upbeat juga, tp 70an bgt. Juwita muncul sebagai track pertama di alb studio pertama Chrisye, Sabda Alam, tahun 1978.

Gw pelan2 dalemin lagu dan musiknya, dan gw memutuskan sesuatu yg lumayan bertolak belakang dengan prinsip awal gw, oke deh.. gw nyanyiin lagu itu.

Versi baru ini di aransemen oleh Andrew Darmoko, orang yg juga pernah bekerja sama dengan Juniar Arief. Gak heran soundnya urban bgt, dance, alla Jamiroquai.

Lalu kelanjutannya gw gak tau gimana ceritanya, akhirnya Pak Iman Sastrosatomo berhasil menghubungi 3 pencipta lagu tersebut, Yockie Suryoprayogo, Junaedi Salat dan tentunya keluarga Chrisye, dan mendapatkan izin untuk pengunaan lagu itu, dan gw pun ditemukan dengan arranger nya, mas Andrew. Sedikit brainstorm dan mencocokkan key untuk range vokal gw di lagu itu adalah isi pertemuan gw dengan mas Andrew.

Vokal di take di Brotherland Studio, dengan IrvNat sebagai vokal director. IrvNat adalah mantan anggota ME, yg gondrong kacamataan, skrg adalah seorang Vocal Director terkemuka, terkenal dengan design vokal multi layer dan penuhnya, menyenangkan sekali kerja bareng dia, vocal knowledge nya luas bgt n terbuka dengan masukan, gw jg ngeluarin ide lick2 vocal untuk Juwita.

Tambahan Strings section di Intro dan Outro di design oleh Aminoto Kosin, supaya terdengar lebih megah, dan adanya nama2 itu membuat gw sadar bahwa ini adalah projek super-song. banyak nama gede di dalemnya. Sambil berdoa gw berharap nantinya lagu ini disukain banyak orang.

Vocal sempet di re-take di aquarius studio, tapi untuk hasil akhir kita tetap pakai yg ditake di Brotherland, karena lebih blend dengan musik dan back-voc nya. Mixing pun juga dilakukan di Studio Aquarius di Pondok Indah.

Intinya kenapa gw mau melalukan ini adalah Pertama itu lagu idola gw, Chrisye.
Kedua, gw pengen temen2 tau klo alm pernah punya lagu dancy seperti ini, yang beda dari lagu2nya dia yang lainnya.
Ketiga, lagu ini memenuhi hasrat gw untuk mempunyai sebuah dance track. I love dance track, I'm a percussive kind of vocalist and I like to dance on stage.

surprisingly banyak sekali yg suka lagu ini melebihi ekspektasi gw, dan seluruh credit gw berikan kepada alm Chrisye, gw cuma manyanyikan kembali dengan gaya gw dengan maksud berbagi ke temen2 semua.

Indonesia punya lagu seperti ini. Musisi kita adalah musisi yang kaya akan ide dan wawasan.

Sejak dulu Indonesia punya karya berkualitas, dan fungsi gw adalah mengingatkannya kembali, dengan sebuah lagu yang melalui perjalanan waktu.

Lagu itu berjudul, Juwita.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar