Minggu, 22 Mei 2011

Bernyanyi dengan Minus One

Semua penyanyi pasti merasakan hal yang sama waktu disuruh bernyanyi diatas audio / file rekaman, tanpa vocal (baca: Minus One). Karena bernyanyi serupa gak ada bedanya sama nyanyi di Karaoke. Gak dapet nuansa live nya, n biasanya ketika live penyanyi cenderung untuk nyanyiin lagu nya dengan tempo yg lebih cepat dari lagu di rekaman aslinya.

Tapi apa mau dikata, kadang acara televisi pagi-pagi, maupun kerjaan nyanyi, ada aja yg mengharuskan kita untuk bernyanyi Minus One, dan sebagai performer yang baik pastilah kita harus bersikap profesional sesuai tujuan yaitu menghibur penonton.





Salah satu cara mensiasati perasaan janggal ini adalah, mintalah kepada sound engineer (juru suara) untuk mem-balance volume mic kamu dengan volume file audio minus one, sehingga seolah2 kamu sedang bernyanyi dengan iringan band penuh dan gak terdengar seperti orang sedang karaoke (baca: volume vokal jauh lebih besar drpd musik), dan lakukanlah sound check untuk memastikan volume mic n minus one sudah terbalance seperti yang kamu inginkan.

cara lain yang agak "modal" adalah, sewa studio dan sessionist, dan rekam live musik dari lagu yg ingin kamu nyanyikan, sehingga kamu memiliki minus one berupa live band, paling tidak sedikit membantu kejanggalan yg ada diatas panggung saat harus nyanyi sendirian tanpa band.

cara yang terakhir adalah, selalu bawa laptop yg dilengkapi dengan program DAW (program rekaman studio), file asli rekaman studio kamu, perangkat audio interface dengan stereo output berupa kabel SLR atau jack 1/4,colok deh ke mixer FOH, tugaskan soundman (kalau bisa soundman pribadi) untuk balancing, dan voila! kamu bernyanyi diatas sequencer dimana setiap instrumen yg ada dilagumu bisa dibalance secara individual. ini pasti dijamin mirip rasanya sama main dengan band.

ya kira2 itulah pemecahan bila kita harus bernyanyi dengan minus one, gw pribadi pilih metode pertama karena ringkes dan cepat, tp terserah kalian mau pakai metoda yang mana... toh ketiga metode iatas gak bakal bisa ngegantiin feel bernyanyi bersama live band :).. tetep, paling enak emang nyanyi dengan live band

semoga bisa membantu yha :)

1 komentar:

  1. Terimakasih infonya gan....
    salam kenal...

    ONLINE MUSIC ARRANGER
    www.musicarranger.id
    Jasa Aransemen Musik, Pembuatan Lagu, Jingle / Spot Iklan, Soundtrack dan pembuatan musik minus one secara ONLINE.

    BalasHapus